6 Usaha Dekat Kampus yang Dijamin Ramai Diserbu Mahasiswa

Tinggal Dekat Kampus? 6 Usaha Ini Dijamin Ramai Diserbu Mahasiswa!

Tinggal Dekat Kampus? 6 Usaha Ini Dijamin Ramai Diserbu Mahasiswa!

usaha dekat kos

Meningkatnya jumlah generasi muda di Indonesia juga berpengaruh pada jumlah mahasiswa di seluruh kota. Terus tumbuh, berkembang, dan akhirnya berhasil membuat para pengusaha maupun entrepreneur muda memutuskan untuk memulai usaha dekat kampus. Apalagi, dengan banyaknya mahasiswa yang merantau dari kampung halaman masing-masing. Untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, mereka pasti membutuhkan berbagai produk dan jasa yang praktis plus mudah dijangkau.

Nah, apa saja ya jenis-jenis usaha dekat kampus yang bisa kamu coba? Penasaran? Ini dia 6 inspirasi usaha yang dijamin laris manis diserbu oleh para mahasiswa!

1. Kos-kosan

usaha dekat kos 1

Sumber Gambar: Moving 2 Stockholm
Sebagai anak rantau yang pergi jauh dari kampung halaman, menyewa sebuah kamar kos akan menjadi pilihan terbaik untuk mahasiswa. Ya, menyewakan kamar untuk dipakai mahasiswa tentu jadi salah satu ide usaha dekat kampus yang sangat strategis. Apalagi jika kamu memiliki properti sendiri, kamu tinggal merapikan kamar, membeli beberapa perabotan baru seperti tempat tidur, lemari, serta kursi plus meja belajar dengan total harga 3 jutaan dan… voila! Kamu siap menjadi Ibu atau Bapak kos dengan penghasilan 1-1,5 juta rupiah per bulan dari setiap kamar (tergantung kota lokasi).

Untuk menarik banyak penyewa, kamu juga harus berani menawarkan harga yang kompetitif dengan kos-kosan sebelah. Dijamin cepat balik modal karena jadi rebutan setiap bulan!

2. Laundry

usaha dekat kos 2

Sumber Gambar: Blog Kita Bersama
Mencuci pakaian memang bukan pekerjaan yang sulit dilakukan. Tetapi, kalau sedang sibuk dan akhirnya menumpuk, jasa laundry jelas menjadi pilihan yang menggiurkan. Sekilo, dua kilo pakaian kotor dari setiap mahasiswa membuat jasa laundry dijamin nggak pernah sepi. So, nggak heran kalau sekarang laundry menjadi salah satu jenis usaha dekat kampus yang lazim ditemui baik di kota besar maupun kota kecil.

Modalnya cukup dimulai dengan mesin cuci, detergen, pewangi, serta setrika listrik. Dengan tabungan yang ada, rasanya cukup untuk mencicil sebuah mesin cuci front loading seharga 4 jutaan. Nah, setelah beberapa bulan berjalan, cicilan dijamin lunas dan sudah balik modal saking ramainya!

3. Warung Nasi

usaha dekat kos 3

Sumber Gambar: Nasi Kotak Bali
Pagi, siang, malam, rasanya nggak ada warung nasi di sekitar kampus yang sepi pengunjung. Soalnya, walau mungkin bisa memasak di kos-kosan masing-masing, percayalah bahwa deadline tugas yang begitu ketat membuat para mahasiswa lebih memilih jalan pintas. Jenis usaha dekat kampus ini sangat cocok dipilih karena setiap mahasiswa pasti membutuhkan makanan setiap harinya.

Jaminan ramai? Pasti. Terutama, kalau kamu berbaik hati menambahkan bonus perkedel kentang atau menyediakan pilihan paket hemat. Modalnya, cukup bakat memasak tersembunyi plus rajin ke pasar setiap pagi untuk membeli berbagai bahan masakan yang dibutuhkan.

Baca juga: Segala Hal yang Perlu Kamu Ketahui tentang Memulai Usaha

4. Coffee Shop Murah Meriah

usaha dekat kos 4

Sumber Gambar: PSmag.com
Nggak berbakat masak “makanan berat” dan lebih suka membuat camilan? Nggak masalah, kok. Kamu bisa menggandeng beberapa teman peracik kopi untuk membuat coffee shop murah meriah. Beberapa hal yang kamu butuhkan adalah bakat alami, strategi pemasaran yang baik, beberapa biji kopi pilihan seharga 100 ribuan per kilo, serta peralatan untuk menyeduh kopi seharga ratusan ribu sampai jutaan (sesuai kebutuhan).

Nah, untuk cangkir, piring kecil, dan peralatan makan lainnya bisa memanfaatkan yang sudah ada, loh. Tidak perlu sama, yang penting jangan lupa perhatikan kualitas rasa, colokan listrik di setiap meja, plus koneksi internet gratis tanpa putus. Well, nggak ada salahnya berani mengambil risiko dan membuka usaha dekat kampus demi membantu memenuhi kebutuhan mahasiswa.

5. Fotokopi, Jilid, dan Alat Tulis

usaha dekat kos 5

Sumber Gambar: Laily’s Story – Universitas Jember
Dalam beberapa tahun selama menjadi seorang mahasiswa, siapa yang nggak butuh fotokopi? Mulai dari buku teori, bahan presentasi tugas kelompok, atau makalah yang diajukan ke dosen, semuanya perlu dicetak atau difotokopi. Dengan berbagai kebutuhan tersebut, usaha fotokopi, jilid, dan kawan-kawannya terbukti menjadi usaha dekat kampus yang nggak pernah sepi pengunjung. Tetapi, modalnya bisa jadi cukup besar. Sebuah mesin fotokopi bisa dibeli dengan harga 30 jutaan (dicicil selama beberapa tahun). Well, cepat balik modal kok karena selalu ramai! Tidak percaya? Coba hitung, 100 rupiah per halaman dikali 200 halaman bahkan lebih. Banyak juga, kan?

6. Servis Laptop, Usaha dekat Kampus yang Menarik

usaha dekat kos 6

Sumber Gambar: Google Sites
Menjadi andalan untuk mengerjakan tugas, streaming series, bahkan video call memang membuat keadaan laptop tidak selalu prima. Nah, memanfaatkan keahlianmu sebagai teknisi jelas tidak ada salahnya. Siapkan beberapa peralatan sederhana seperti obeng yang harganya tidak lebih dari 100 ribuan.

Untuk pelengkap, sediakan juga beberapa spare part umum, seperti RAM card, VGA card, baterai pengganti, keyboard, dan sebagainya dengan kisaran harga 100–900 ribuan (tergantung merek dan kualitas). Nah, untuk penghasilan yang kamu dapatkan bisa berkisar ratusan ribu rupiah per laptop tergantung tingkat kerusakannya. Terakhir, supaya makin ramai dan menjadi usaha dekat kampus yang setia diserbu mahasiswa, jangan lupa tawarkan beberapa paket menarik untuk pembelian external hard disk, flash disk, dan teman-temannya, ya!

Baca juga: 21 Tantangan Bisnis yang Akan Dihadapi Setiap Pengusaha
Segala Hal yang Perlu Kamu Ketahui tentang Memulai Usaha


Nah, itu dia enam usaha dekat kampus yang bisa dipilih jika kamu hendak meraih keuntungan dari pasar mahasiswa yang membludak di Indonesia. Walau tidak menutup kemungkinan untuk yang lain, enam ide tersebut merupakan usaha yang cukup menjanjikan agar bisnismu selalu ramai diserbu para mahasiswa.

So, tidak perlu menunggu lebih lama lagi, yuk mulai langkah awal bisnismu dari sekarang! Jangan lupa perkaya pengetahuanmu tentang wirausaha dengan membaca berbagai artikel di LangkahAwal.com!

Back to top