3 Alasan Tampilan Fisik Bisnis Penting Untuk Diperhatikan

Tampilan Fisik Bisnismu Penting untuk Diperhatikan, Ini 3 Alasannya

Tampilan Fisik Bisnismu Penting untuk Diperhatikan, Ini 3 Alasannya

Tampilan Fisik Bisnis

Sebagai seorang entrepreneur, memiliki strategi bisnis yang matang jelas penting untuk diperhatikan. Soalnya, kalau nggak benar-benar dipikirkan, bisnis yang dibangun dengan susah payah bisa jadi tenggelam dalam kuatnya arus persaingan. Apalagi dengan perkembangan dunia bisnis yang sekarang, jumlah kompetitormu akan berlipat ganda setiap harinya. Strategi bisnis terbaik bisa membantumu unggul dan menjadi entrepreneur yang berhasil. Salah satunya adalah dengan memberikan perhatian lebih pada tampilan fisik bisnis yang sedang kamu kembangkan. Mengapa ini penting? Simak di sini beberapa alasannya!

1. Si Penarik Hati

Tampilan Fisik Bisnis

Sumber Gambar: architektura.muratorplus.pl
Menjadi hal yang pertama kali dilihat oleh mata telanjang, tampilan fisik bisnis secara nggak langsung pasti mempengaruhi penilaian pelanggan. Mari kita ambil contoh bisnis toko kue atau bakery agar memudahkan kamu dalam membayangkannya.

Sebelum akhirnya cake dari bisnis bakery-mu menggoyang lidah pelanggan, tampilan bakery yang terlihat dari luar lah yang pertama kali akan mencoba menarik perhatian. Jadi, selain menjaga kualitas rasa, kebersihan dapur, pun kesejahteraan karyawan, jangan lupa memperhatikan tampilan toko yang akan menjadi tolak ukur dari kacamata pelanggan.

Tampilan toko yang semerawut alias berantakan jelas nggak akan membuat pelanggan tertarik dan bisa jadi malah “turn off” duluan. So, coba buat tampilan bakery-mu terlihat menarik tanpa harus berlebihan. Jangan lupa pertimbangkan juga tingkat kenyamanan pelanggan selama berada di dalam toko. Pastikan supaya nggak ada ornamen yang nggak sesuai dan akhirnya membuat pelanggan malas berlama-lama di dalam tokomu.

2. Sebagai Cerminan Usaha

Tampilan Fisik Bisnis

Sumber Gambar: Bakery-ShopRite
Apa yang ada di dalam benak seseorang ketika mendengar kata bakery? Kira-kira, pasti nggak jauh dari cake, roti, serta bahan-bahan pembuatannya seperti, tepung terigu, gula, garam, telur, dan berbagai rahasia lainnya. Nah, supaya pelanggan merasa dekat dengan bakery-mu, nggak ada salahnya loh memilih wallpaper dengan ornamen bahan-bahan tersebut untuk menghias dinding toko.

Kemudian, tambahkan juga beberapa peralatan sederhana seperti roller adonan berbahan kayu, cetakan cookies berbagai bentuk, juga lilin-lilin manis khas ulang tahun sebagai hiasan di sudut ruangan. Nah, kalau nggak dipilih dengan hati-hati alias asal-asalan, bakery kesayanganmu bisa jadi dikira sebagai toko listrik karena terlalu banyak ornamen kabel, misalnya. Soalnya, tampilan fisik bisnis yang diwujudkan ke dalam sebuah bakery jelas penting untuk diperhatikan demi mencerminkan usaha yang ada.

Kalau sampai terlalu banyak kabel yang menjuntai di dinding dan setiap sudut ruangan, bisa-bisa nggak ada pelanggan yang ingin mampir ke bakery-mu, loh. Yes, mereka memilih untuk buru-buru menyingkir sebelum dikira salah masuk ke toko listrik!

Baca juga: Segala Hal yang Perlu Kamu Ketahui tentang Memulai Usaha

3. Tampilan Fisik Bisnis Adalah Cerminan Dirimu

Tampilan Fisik Bisnis

Sumber Gambar: godealla.pl
Ya, selain menjadi cerminan usaha, tampilan fisik bisnis juga bisa menjadi cerminan dirimu yang nggak lain adalah pemiliknya. Soalnya, menambahkan sentuhan pribadi ke dalam bisnis yang dimiliki bisa menjadi pilihan yang tepat. Dengan ciri khas yang berbeda dari orang lain, semua produk yang dijual di bakery milikmu akan terasa lebih dekat dengan pelanggan. Walau nggak bisa membuat semua pesanan cake langsung dari tangan terampilmu, pelanggan tetap bisa merasakan sentuhan personal dengan ciri khas yang diwakili melalui tampilan fisik bisnismu.

Selain itu, dengan menambahkan sentuhan pribadi yang tergolong unik, bakery milikmu dijamin terlihat lebih outstanding dibanding yang lain. Mulai dari desain interior bakery, sampai desain packaging dan labeling, bahkan desain cake itu sendiri. Semuanya seakan lahir dari tanganmu tanpa bantuan orang lain. Begitu personal, menjadi ciri khas yang mampu menarik perhatian para pelanggan.

Kemudian, menambahkan sentuhan pribadi ke dalam tampilan fisik bisnis juga membuatmu memiliki kesempatan untuk merealisasikan berbagai ide out of the box di dalam kepala. Well, nggak jarang ada pelanggan yang penasaran dengan rahasia di balik pembuatan cake dan apa yang terjadi di dalam sana. Nah, membuat bakery dengan konsep open kitchen jelas bisa menjadi salah satu ide yang seru untuk direalisasikan. Dengan memilih dinding kaca, pelanggan bisa langsung melihatnya dan memuaskan rasa penasaran mereka. Bagaimana? Pilihan yang cukup berani, bukan?

Bahkan, di masa depan nanti, nggak menutup kemungkinan kalau nantinya berbagai produk serta bakery itu sendiri terkenal dan menjadi incaran banyak orang karena branding image yang berhasil!

Baca juga: 21 Tantangan Bisnis yang Akan Dihadapi Setiap Pengusaha


Nah, itu dia 3 alasan mengapa tampilan fisik bisnis penting untuk diperhatikan. Walau mungkin nggak benar-benar menguasai hal-hal berbau desain dan sebagainya, nggak ada salahnya meminta bantuan dari orang lain. Yang penting, ingat selalu untuk nggak mengabaikan tampilan fisik bisnis, karena image dari bisnismu sangat tergantung pada hal tersebut.

Nah, jangan lupa perkaya pengetahuanmu tentang wirausaha dengan membaca berbagai artikel di LangkahAwal.com, ya!

Back to top