Pilihan Bisnis Desain Ini Bisa Kamu Lakukan Sekarang

Punya Bakat Desain? Pilihan Bisnis Desain Ini Bisa Kamu Lakukan Sekarang!

Punya Bakat Desain? Pilihan Bisnis Desain Ini Bisa Kamu Lakukan Sekarang!

Bisnis Desain Featured

Pada dasarnya, setiap individu di muka bumi ini memiliki bakat dan kemampuan masing-masing yang unik dan berbeda. Bakat desain bisa jadi merupakan salah satu kemampuan yang bisa dibilang cukup menjanjikan saat ini untuk kamu jadikan sumber penghasilan, salah satunya melalui bisnis desain.
Bila kalian merasa memiliki kemampuan dan bakat yang lebih dalam membuat desain, maka kesempatan kalian untuk mengembangkan bisnis sangat terbuka lebar. Berikut ini adalah beberapa bisnis design yang bisa kalian jalankan untuk mengembangkan bakat sekaligus menghasilkan pundi-pundi penghasilan.

Bisnis Desain T-shirt

Bisnis Desain

Sumber : Rajatm
Kaos atau t-shirt merupakan jenis pakaian yang menjadi favorit semua orang karena praktis digunakan. Rasanya, nggak ada satu orang pun yang sama sekali nggak pernah menggunakan pakaian jenis ini. Menjalankan bisnis desain t-shirt bisa menjadi salah satu pilihan paling mudah yang bisa kamu lakukan. Bisnis ini bisa dijalankan dengan menggunakan berbagai macam cara yang sudah terbukti bisa menghasilkan penghasilan.
Kamu bisa bekerja sama dengan perusahaan atau distro untuk menyediakan desain kaos yang bisa mereka produksi. Cara lain yang cukup populer beberapa tahun terakhir ini adalah dengan menggunakan sistem pre-order melalui situs-situs penjual customized t-shirt lokal maupun internasional seperti Teespring.

Penghasilan dari menggunakan cara ini bisa dibilang cukup menggiurkan dan bisa menghasilkan banyak keuntungan dari modal desain kaos saja.

Freelance Designer

Bisnis Desain

Sumber : FirmBee
Perbedaan antara desainer freelance dan desainer in-house bisa dibilang cukup tipis. Bila dengan menjadi seorang in-house designer kamu akan mendapatkan penghasilan dari gaji yang sifatnya tetap, menjadi freelance designer akan membuat kamu bisa mendapatkan penghasilan dari nilai proyek yang akan kalian kerjakan. Bisnis desain dari proyek ini pun bisa dibilang cukup luas karena kalian bisa menawarkan jasa yang kalian miliki ke perusahaan ataupun perorangan.
Selain itu, kalian juga bisa menjual bakat desain kalian melalui berbagai macam website pekerja lepas yang ada saat ini seperti Freelancer atau Upwork.

Creative Studio

Bisnis Desain

Sumber : coyot
Membuka bisnis jasa creative studio yang menyediakan berbagai macam desain untuk kebutuhan periklanan ataupun produk perusahaan bisa menjadi pilihan selanjutnya. Cakupan bisnis desain untuk sebuah creative studio bisa dibilang cukup luas mulai dari menjual desain dua dimensi hngga melakukan desain untuk karakter dalam game pun bisa kamu lakukan dengan usaha ini.

Dengan membuka jasa ini, kamu bisa menawarkan kemampuan desain kamu untuk membantu brand atau perusaahaan dalam merancang produk mereka agar terlihat lebih menarik di mata pembeli. Cara lain untuk mendapatkan penghasilan adalah dengan melakukan produksi sendiri untuk desain-desain produk yang sudah kalian buat untuk dijual ke pasar.

Advertising Agency

Bisnis Desain

Sumber : Start Up Stock Photos
Memulai bisnis desain dengan menjadi agensi periklanan masih cukup menjanjikan dalam dunia bisnis saat ini. Perkembangan platform untuk periklanan yang terus berkembang dari media cetak hingga media elektronik menjadikan usaha ini sebagai bisa dijadikan ladang usaha. Kunci keberhasilan dari bisnis ini selain dari bakat desain yang baik adalah kemampuan dalam melihat keinginan dari klien. Pastikan kamu juga cukup memiliki kesabaran untuk memenuhi keinginan klien dalam membuat sebuah iklan untuk produk-produk mereka.

Nilai proyek yang didapatkan oleh agensi periklanan biasanya mulai dari belasan hingga ratusan juta rupiah. Nah, dari setiap nilai proyek tersebut, kalian bisa menentukan berapa fee yang akan kalian ambil untuk mengerjakan proyek tersebut. Kalau setiap bulan bisa dapat proyek dengan nilai puluhan juta cukup lumayan, kan?

Baca juga: Segala Hal yang Perlu Kamu Ketahui tentang Memulai Usaha

Designer Logo

Bisnis Desain

Sumber : rawpixel
Bila cakupan kedua bisnis sebelumnya terlalu luas, mungkin kamu bisa mempersempit layanan bisnis kamu dan berfokus menjadi seorang designer logo. Percaya atau tidak, menjadi seorang designer logo memiliki prospek yang cukup baik dalam dunia kreatif.

Tetapi tentunya hal ini tidaklah mudah karena tingkat persaingan dalam bisnis juga cukup tinggi dengan klien yang beraneka ragam. Dalam melakukan bisnis ini sebaiknya kamu tidak hanya mencari klien lokal dari perusahaan tapi juga membuka peluang melalui situs jual beli logo yang cukup banyak saat ini.

Web Design

Bisnis Desain

Sumber : Estetica Design Forum
Kebutuhan industri untuk melakukan penetrasi pasar dalam dunia digital telah menjadikan website sebagai sebuah kebutuhan. Bila kamu memang memilki bakat desain yang baik serta bersedia untuk mempelajari pemograman web, maka bisnis design web bisa menjadi salah satu usaha yang kamu jalani.

Selain kemampuan desain, kamu juga membutuhkan pengetahuan yang cukup baik mengenai perkembangan teknologi web yang dibutuhkan saat ini. Untuk pengerjaan website sendiri biasanya tergantung dari tingkat kesulitan web yang ingin dibuat mulai dari angka jutaan hingga puluhan juta rupiah.

Asset Designer

Bisnis Desain

Sumber : Felix_Broennimann
Bila kamu nggak ingin bekerja dengan tuntutan perusahaan atau klien, maka bergembiralah karena kalian juga bisa menjual desain kalian dengan bebas saat ini. Nggak sedikit designer di Indonesia yang memilih untuk menjual karya mereka melalui situs marketplace desain seperti envato, shutterstock, freepik dan sebagainya.

Desain yang bisa kamu jual di situs-situs tersebut bisa berupa asset, logo, atau vector yang bisa diunduh oleh semua orang. Dari bisnis design ini kamu bisa mendapatkan penghasilan dari pembayaran yang dilakukan setiap kali ada pengguna yang menggunakan desain yang sudah kamu buat. Hal lain yang cukup menggiurkan adalah semua pembayaran yang dilakukan biasanya menggunakan dolar, lho!

Wedding Photographer

Bisnis Desain

Sumber : sevenminutechannel
Bila kamu memiliki bakat desain dan juga senang dengan fotografi maka tidak ada salahnya bila kamu juga berkecimpung dalam bidang ini. Boleh dibilang bisnis ini tidak pernah sepi karena setiap minggunya dipastikan ada orang menikah, benar kan?

Untuk memasuki bisnis ini, pastikan kamu memiliki berbagai macam desain foto yang cukup menarik untuk klien dan juga peralatan standar untuk kegiatan foto yang baik. Jangan khawatir dengan kemampuan fotografi yang kamu miliki, karena pada akhirnya software yang akan mengurus itu semua.

Besaran biaya yang biasanya dipatok oleh penyedia jasa wedding photographer mulai dari jutaan hingga belasan juta rupiah, Biasanya biaya tersebut berupa layanan jasa serta paket jumlah foto yang akan diterima oleh klien.

UI/UX Designer

Bisnis Desain

Sumber : FirmBee
Kebutuhan akan interface yang menarik untuk sebuah aplikasi web atau smartphone telaht menuntut pasar membuat user interface yang menarik bagi penggunanya. Bila kalian termasuk orang yang gila dengan teknologi dan senang ntk membuat desain, maka menjadi UI/UX designer bisa menjadi sebuah pilihan.

Penghasilan menjadi seorang designer UI/UX cukup menggiurkan dan dipastikan di masa depan profesi ini akan semakin dibutuhkan seiring teknologi yang terus berkembang. Untuk menjalani bisnis design ini pun, kamu bisa melakukannya sebagai freelancer atau juga inhouse untuk sebuah perusahaan.

Baca juga: 21 Tantangan Bisnis yang Akan Dihadapi Setiap Pengusaha


Nah, dari ketujuh bisnis design tadi, maka nih kira-kira yang sesuai dengan passion dan hobi kamu? Jangan lupa untuk mengunjungi LangkahAwal.com untuk mendapatkan informasi mengenai informasi seputar dunia bisnis yang pastinya menarik untuk kalian simak.

Back to top