Cermat Memprediksi Potensi Bisnis dan Memanfaatkannya

Kiat Melihat Potensi Bisnis dengan Cermat dan Memanfaatkannya

Kiat Melihat Potensi Bisnis dengan Cermat dan Memanfaatkannya

potensi bisnis

Sebagai pengusaha, kamu harus cermat dan bijak dalam menginvestasikan sumber daya ketika berencana membuka usaha. Kecermatan dalam melihat peluang bisnis sangat diperlukan dalam situasi ini. Walaupun nggak bisa dikatakan 100 persen akurat, memprediksi potensi bisnis bukanlah hal yang sepele. Di saat ada potensi, pasti ada risiko yang harus dihadapi. Hal inilah yang membuat kita harus mempertimbangkan peluang bisnis secara matang sebelum memutuskan untuk terjun ke dalamnya.

Sebagai contoh kasus, lihat saja perusahaan rokok asal Amerika, R.J. Reynolds Tobacco Company. Berdasarkan pakar perusahaan tembakau, Roy Burry, Reynolds Tobacco Company pernah mengalami kerugian sebesar US$ 300 juta di tahun 1988 dalam pengembangan dan pemasaran produk rokok elektrik pada masa itu. Dengan mengkampanyekan “Premier” sebagai solusi merokok tanpa menimbulkan efek berbaya yang diakibatkan oleh rokok. Secara logika, inovasi ini bisa menjadi solusi bagi para perokok untuk meminimalisir dampak negatif dari lintingan tembakau, dibuktikan dengan keberadaan vaporizer di pasar saat ini.

Dari sisi pemasaran dan sebagai pemecah masalah, perusahaan tersebut dapat dikategorikan berhasil. Namun, mereka mengalami kegagalan dalam pengembangan produk yang diedarkan. Premier meningggalkan rasa arang pada mulut penggunanya. Produk ini tidak laku dan kemudian ditarik peredarannya.

Dari contoh kasus di atas, sebuah perusahaan besar dengan sumber daya yang mumpuni saja bisa mengalami kegagalan dalam memprediksi potensi bisnis. Lantas, bagaimana memprediksi potensi bisnis dengan cermat dan memanfaatkan peluang tersebut menjadi sebuah keberhasilan? Yuk, cari tahu jawabannya di penjelasan berikut ini!

Memprediksi Potensi Bisnis dan Memanfaatkannya dengan Cermat

1. Jangan terlalu Mengandalkan Intuisi secara Mentah-Mentah

potensi bisnisSumber Gambar: Englighment Conflict
Nggak jarang kita mendengar bahkan mengalami sendiri kesuksesan yang berawal dari intuisi. Banyak tokoh pebisnis sukses mengatakan mereka mengikuti intuisi mereka. Donald Trump bahkan menyatakan, “Saya telah membangun kekaisaran multi-triliun dengan menggunakan intuisi.” Perlu disadari, dalam praktek bisnis, yang menjadi kunci keberhasilan adalah akurasi prediksi berdasarkan data dan fakta.

Intuisi membantu kamu menemukan ide-ide untuk pengembangan bisnis, namun ide-ide tersebut harus divalidasi dengan data yang akurat.

2. Gunakan Data untuk Mengukur Potensi

potensi bisnisSumber Gambar: Lukas
Data adalah penentu kesuksesan bisnis. Data yang memungkinkan NASA meluncurkan roket ke luar angkasa. Dan, data wajib menjadi fondasi setiap bisnis, termasuk dalam memprediksikan potensi bisnis.

Bagaimana peran data dalam membangun kesuksesan bisnis? Data memberikan kamu perspektif untuk melihat realitas yang terjadi di pasar; memberikan pemahaman tentang target market bahkan informasi yang personal seperti hobi, pekerjaan, usia, dan sebagainya. Data memungkinkanmu untuk memahami persepsi target pasar tentang bisnis yang kamu jalankan dan mengetahui apa yang menjadi permintaan pasar.

Dari data akurat, kamu bisa mengambil sebuah keputusan untuk membangun bisnis yang menjawab permasalahan dan tepat sasaran. Dibuktikan dengan keberadaan Big Data Company seperti Google, Microsoft, dan IBM.

Bill Gates pernah mengatakan, “Anda harus sering menggunakan intuisi.” Namun, nggak hanya mengandalkan ituisi semata, Bill Gates juga melakukan validasi potensi dengan data pendukung untuk menjamin akurasi prediksinya. Jadi, nggak perlu heran jika saat ini, perusahaannya merupakan salah satu big data company terbesar di dunia.

3. Lakukan Uji Coba sebelum Terjun ke Pasar

potensi bisnis
Sumber Gambar: Veneficus
Seperti penjelasan di awal, setiap potensi bisnis pasti memiliki risiko yang harus dihadapi. Kabar gembiranya, risiko dapat diminimalisir dengan menjalankan uji coba sebelum meluncurkan bisnis ke pasar sesungguhnya.

Uji coba dilakukan untuk memperoleh data faktual mengenai potensi bisnis. Uji coba dapat mengeliminasi pernyataan seperti “Saya yakin ini akan berhasil” ‒ sebuah bukti ilusional yang tidak nyata. Melalui uji coba, kamu akan mendapatkan gambaran tingginya potensi bisnis beserta risiko-risiko yang akan dihadapi sehingga kamu dapat menyiapkan solusi untuk menangani risiko-risiko tersebut.

Esensi dari melakukan uji coba adalah mengeksekusi strategi bisnis tanpa harus mengeluarkan biaya sebesar menjalankan bisnis di pasar sesungguhnya.

4. Perkaya Informasi dengan Menyimak Berita

potensi bisnisSumber Gambar: Rawpixel
Terdengar sederhana, namun berdampak sangat besar. Mengikuti berita pagi di televisi, membaca koran, ataupun sekedar membaca berita online melalui smartphone bisa membantu kamu menganalisa potensi bisnis. Dengan bersikap waspada terhadap peristiwa yang terjadi saat ini, kamu telah memperoleh data terkait bisnis yang potensial dan relevan.

Melalui pemberitaan, kamu mendapatkan data tentang perkembangan pasar, gambaran umum akan perubahan pola perilaku konsumen, dan tren di kalangan masyarakat luas. Data-data tersebut dapat menjadi pemicu ide-ide bisnis potensial.

Oleh karena itu, pastikan kamu stay up to date, ya!

Baca Juga: Berencana Memulai Bisnis? Lakukan Dulu 8 Persiapan Ini!


Memprediksi potensi bisnis memang bukan hal yang sepele, namun sangat mungkinkok untuk dilakukan oleh siapa saja. Aasal tahu apa yang harus dilanalisa, dan nggak hanya sekedar beranggapan “Menurut saya ini akan sukses!”, kamu pasti bisa mendapatkan prediksi potensi bisnis yang lumayan. Untuk tips-tips terkait menganalisa potensi bisnis, jangan lupa simak artikel lainnya di Langkahawal juga. Mulai prediksi potensi bisnis dari sekarang, yuk!

Back to top