Mengulas Potensi Bisnis Kreasi Baking yang Sedang Jadi Tren

5 Kreasi Baking Kekinian yang Minim Modal untuk Mendulang Untung Maksimal

5 Kreasi Baking Kekinian yang Minim Modal untuk Mendulang Untung Maksimal

Kreasi Baking Featured

Bisnis kuliner, khususnya kue, pastry, dan kreasi baking lainnya nggak pernah mati. Lihat saja, beberapa toko roti yang dibangun sejak berpuluh-puluh tahun lalu tetap eksis di pasaran, nggak lekang dimakan zaman. Nggak hanya yang klasik, baked goods kekinian juga nggak kalah peminat. Lewat media sosial, aneka produk sukses dipasarkan dan mendatangkan banyak keuntungan.

Nah, kalau kamu tertarik untuk menjadikan kreasi baking sebagai peluang usahamu, kamu bisa coba bikin 5 produk yang lagi hits berikut ini. Simak selengkapnya dan tentukan mana yang paling pas untuk usahamu!

1. Cheese Tart, si Keju yang Selalu Laris

Kreasi Baking 1

Sumber Gambar: The Urban List
Makanan yang mengandung keju selalu sukses di pasaran, nggak terkecuali cheese tart. Eksistensi cheese tart sebenarnya sudah cukup lama, namun baru beberapa tahun terakhir ini menjadi sangat populer di Indonesia. Selain enak rasanya, kreasi baking yang satu ini bisa dijadikan pertimbangan usahamu karena penggemarnya sangat banyak. Selain itu, bahan bakunya pun mudah didapat dengan harga cukup terjangkau.

Modal bahan baku yang diperlukan untuk membuat 84 buah atau 7 lusin cheese tart adalah sekitar Rp250.000. Di pasaran, satu buah cheese tart dibanderol dengan harga mulai dari 10.000 hingga 20.000 rupiah. Jika kamu bisa menjual 7 lusin cheese tart dengan harga Rp10.000 per buah, maka dalam 1 hari kamu bisa meraup laba Rp590.000 atau Rp17.700.000 setiap bulannya.

Hal yang terpenting yang harus kamu perhatikan jika memulai usaha ini adalah daya tahan baking kreasi itu sendiri. Cheese tart nggak bisa bertahan lama dalam suhu ruangan, maksimal 24 jam. Oleh karena itu, jika kamu berencana untuk menjadikan cheese tart sebagai ide usahamu, jangan lupa siapkan lemari es untuk tempat penyimpanan. Selain itu, saluran penjualan yang bisa kamu pilih tentu adalah toko offline, karena kamu harus selalu menyajikannya secara fresh kepada pelanggan.

2. Macaroon, si Manis yang Cantik

Kreasi Baking 2

Sumber Gambar: Chefsteps
Berkebalikan dari cheese tart yang harus disimpan dalam lemari es, macaroon justru wajib disimpan dalam suhu ruangan. Soalnya, apabila macaroon disimpan dalam lemari es, teksturnya akan berubah menjadi keras karena adanya molekul-molekul es yang menempel.

Macaroon bisa bertahan selama 6 hari di suhu ruangan, asalkan disimpan dalam toples kedap udara. Supaya macaroon-mu menarik banyak pembeli, kamu bisa melakukan sedikit inovasi, baik pada bentuk ataupun varian rasa. Macaroon berbentuk binatang lucu dengan rasa pisang mungkin bisa jadi andalan, mengingat akhir-akhir ini masyarakat sangat suka dengan aneka olahan pisang.

Bahan dasar macaroon juga sangatlah terjangkau. Untuk memproduksi 60 buah macaroon berdiameter 4 cm diperlukan biaya bahan baku sekitar Rp60.000 dengan harga jual Rp3.000 per buahnya. Jadi, setiap kali kamu memproduksi seenggaknya 120 buah macaroon setiap hari, maka untung bersih yang kamu dapat setiap harinya adalah Rp240.000. Coba kalikan sebulan, Rp7.200.000. Banyak kan, untung bersihnya?

3. Brownies, Kreasi Baking Klasik yang Selalu Asyik

Kreasi Baking 3

Sumber Gambar: Tablespoon
Klasik namun selalu asyik. Mungkin itu jargon yang paling tepat untuk ide kreasi baking satu ini. Sejak dulu hingga sekarang, brownies nggak pernah ketinggalan zaman. Perbedaan brownies klasik dengan yang sekarang hits di media sosial adalah varian topping-nya. Jika yang klasik hanya mengandalkan cokelat, almond, atau keju, variasi brownies kekinian punya beberapa rasa unggulan seperti Nutella, Cadburry, Oreo, Ovomaltine, dan Toblerone.

Modal untuk membeli bahan awal untuk setiap loyangnya adalah sekitar Rp20.000 rupiah, di luar topping-nya. Semakin mahal harga topping, akan semakin tinggi pula harga jual dan permintaan pasar. Biasanya brownies klasik dijual dengan harga Rp50.000 per kotak dan brownies kekinian dengan aneka topping dijual dengan harga sekitar Rp90.000-an.

Lantas, gimana dengan keuntungannya? Untung yang bisa kamu dapat per kotak dari kreasi baking ini berkisar antara 30.000 hingga 50.000. Menggiurkan banget kan? Selain banyak peminat dan bahan yang terjangkau, keuntungan lain yang bisa kamu dapatkan adalah ketahanan produk saat penyimpanan ataupun pengiriman. Brownies bisa bertahan seminggu dalam suhu ruangan dan satu bulan jika disimpan dalam freezer. Pengemasan dan pengiriman brownies pada konsumen juga relatif lebih mudah, mengingat brownies nggak mudah hancur ataupun rusak.

Baca juga: Segala Hal yang Perlu Kamu Ketahui tentang Memulai Usaha

4. Donat Fluffy, Inovasi yang Mendatangkan Banyak Keuntungan

Kreasi Baking 4

Sumber Gambar: Food Netwok
Nggak cuma brownies, kreasi baking klasik lainnya yang bisa kamu jadikan peluang usaha adalah donat. Bukan sembarang donat, saat ini foodies di Indonesia sedang tergila-gila dengan donat fluffy atau donat dengan tekstur ringan yang sangat lembut. Fluffy donat biasanya disajikan dengan berbagai pilihan topping, seperti gula halus, kayu manis bubuk, cokelat, dan lainnya.

Donat fluffy nggak jauh berbeda dengan donat panggang biasa. Pembuatannya mudah dan modal bahan bakunya sangat kecil. Untuk membuat sekitar 50 buah donat fluffy, kamu hanya perlu mengeluarkan modal sekitar Rp50.000 dengan harga jual sekitar Rp3.000 hingga Rp5.000 per buahnya. Supaya fluffy donatmu berbeda dari yang lain, pastikan donatnya benar-benar lembut. Adonannya harus tepat dan telah mengembang sempurna. Selain itu, kamu juga bisa berkreasi dengan hiasan dan bentuk donat biar makin menarik pembeli!

5. Strudel, Peluang Usaha dengan Bahan Baku Minim dan Untung Maksimal

Kreasi Baking 5

Sumber Gambar: Taste
Nggak ada yang bisa menolak kombinasi manis buah di atas strudel. Nggak heran, sejak dulu hingga sekarang, strudel selalu masuk kategori kreasi baking kekinian yang digemari banyak orang. Variasi strudel saat ini sangatlah banyak, nggak melulu harus dengan bahan dasar apel. Strudel dengan nanas, pisang, stroberi, mangga, jeruk, dan buah-buahan lainnya nggak kalah enak dan punya banyak penggemar.

Sebagai saran untuk memulai usaha strudel, pilihlah buah yang mudah ditemukan dalam segala musim, misalnya pisang. Kemudian, hal utama yang membuat strudel-mu populer tentu adalah tekstur pastry-nya. Strudel harus digiling dengan ketebalan yang pas agar tetap tipis, renyah, dan nggak mudah hancur. Untuk membuat seloyang pisang strudel kamu membutuhkan modal sekitar Rp25.000. Jumlah ini sangatlah sedikit mengingat strudel di pasaran biasanya dijual seharga Rp75.000 hingga Rp100.000.

Baca juga: 21 Tantangan Bisnis yang Akan Dihadapi Setiap Pengusaha
Segala Hal yang Perlu Kamu Ketahui tentang Memulai Usaha


Gimana? Peluang usaha kreasi baking di atas terlihat sangat menjanjikan bukan? Modal yang kamu perlukan untuk beli bahan juga nggak besar. Untuk masalah promosi, kamu bisa memanfaatkan media sosial atau dimulai dari kerabat terdekat. Sayang banget kalau kamu nggak memanfaatkan aneka kreasi baking menjadi peluang usahamu.

Nah, untuk tips-tips lebih lanjut tentang usaha mikro, kecil, dan menengah dari beragam bidang bisnis, kamu bisa cek inspirasi lainnya di LangkahAwal.com! Yuk, mulai perencanaan langkah awalmu untuk berjualan kreasi baking dari sekarang!

Back to top