Keuntungan Memahami Target Pasar Untuk Pengembangan Bisnis

Memahami Target Pasar Bisa Membawa Keuntungan Lebih Banyak dan Cepat pada Bisnis, Ini Alasannya!

Memahami Target Pasar Bisa Membawa Keuntungan Lebih Banyak dan Cepat pada Bisnis, Ini Alasannya!

memahami target pasar

Ketika kamu memulai sebuah bisnis, salah satu hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menetapkan target pasar yang ingin kamu tuju. Pemetaan target pasar dipengaruhi oleh banyak hal, mulai dari jenis kelamin, usia, tingkat pemasukan, hingga jenis pekerjaan. Contohnya, jika kamu memiliki produk makanan beku, mungkin target pasar yang tepat adalah wanita berusia 25-50 tahun dengan pemasukan cukup yang sering memasak di rumah.

Tidak berhenti sampai tahap menentukan saja, kamu pun perlu mengetahui dan mengenal target pasar tersebut, misalnya apa selera mereka, apa tren terbaru yang mereka sukai, medium penjualan mana yang sedang laku, dan sebagainya. Banyak orang yang menganggap remeh pentingnya memahami target pasar. Padahal, ada banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan jika kamu rajin mencari informasi tentang calon pembeli, lho!

Nah, dengan memetakan gaya hidup dari para target pasar, kamu bisa mengembangkan bisnismu dengan jauh lebih cepat dan efisien. Nggak percaya? Ini dia beberapa keuntungan targeted marketing yang akan membuat bisnismu berkembang pesat!

1. Kamu Bisa Menawarkan Solusi yang Tepat Sasaran

memahami target pasarSumber Gambar: Thebalance
 

Setiap bisnis berkembang dengan mengandalkan penjualan dari para konsumen. Dengan memahami target pasarmu, kamu bisa memberikan solusi yang tepat sasaran untuk permasalahan yang mereka hadapi. Misalnya saja, jika kamu memutuskan untuk membuka catering, lalu kamu menetapkan bahwa target pasarmu adalah pasangan muda yang sudah memiliki anak, coba cari dan dalami, apa yang kira-kira menjadi permasalahan mereka?

Apakah pasangan ini sibuk bekerja dan tidak punya waktu untuk memasak? Apakah mereka membutuhkan masakan khusus untuk bekal si anak sekolah? Maka, kamu bisa menyesuaikan operasi bisnismu dengan menawarkan program catering untuk makan siang, makan malam, sekaligus dengan bekal untuk anak sekolah. Hal sederhana seperti itulah yang justru akan membuat bisnis catering-mu berbeda dari yang lain!

Di satu sisi, kamu akan mendapatkan banyak konsumen karena solusi kreatifmu. Di sisi lain, konsumen juga merasa dihargai dan dimengerti, karena mereka bisa mendapatkan solusi untuk permasalahan mereka sehari-hari. Sama-sama untung, bukan?

2. Penjualan Lebih Efisien dengan Targeted Marketing

memahami target pasarSumber Gambar: Social Ape Marketing
 

Marketing atau pemasaran adalah salah satu pilar yang penting dalam bisnis. Tidak peduli seberapa banyak uang yang kamu habiskan untuk promosi, jika promosi tersebut tidak tepat sasaran, maka penjualan pun tidak akan terdongkrak. Inilah pentingnya memahami target pasar yang ingin kamu tuju, karena kamu dapat menyesuaikan strategi pemasaranmu sesuai dengan preferensi mereka.

Misalnya saja, kamu memiliki bisnis kaus distro dengan target anak muda laki-laki berusia 17-25 tahun. Untuk menarik generasi muda, kamu tentu harus menggunakan kekuatan media sosial. Cari tahu tren media sosial apa yang sedang mereka gemari, siapa influencer yang mereka idolakan, kapan mereka paling sering online, dan bagaimana pola pembelian mereka. Dengan begitu, kamu bisa mengiklankan produk lewat kehadiran influencer atau account yang terkenal di media sosial.

Tidak hanya itu saja, kamu bisa mempelajari jenis bahasa yang sesuai dengan kebiasaan mereka sehari-hari. Pakai bahasa gaul dengan istilah-istilah yang sedang ngetren sebagai caption, pasti para calon pembeli pun tertarik untuk memiliki produkmu! Dengan memahami target pasar, marketing-mu juga lebih fokus dan tidak akan menelan biaya terlalu banyak karena sudah tepat sasaran!

Baca juga: Segala Hal yang Perlu Kamu Ketahui tentang Memulai Usaha

3. Kamu Bisa Memberikan Rekomendasi Penting untuk Calon Pembeli

memahami target pasarSumber Gambar: Thespruce
 

Setiap pembeli pasti ingin mendapatkan servis semaksimal mungkin. Untuk memberikan pelayanan yang terbaik, kamu harus terlebih dahulu memahami target pasar dari bisnis yang kamu kembangkan. Dengan begitu, ketika calon pembeli menanyakan sesuatu atau meminta pendapatmu, kamu bisa memberikan rekomendasi yang memuaskan. Sebaliknya, jika kamu terkesan pasrah dan tidak tahu apa-apa, maka pembeli kemungkinan akan urung untuk membeli produkmu.

Misalnya, kamu memiliki usaha butik khusus untuk gaun pengantin. Kamu harus rajin membaca tren-tren terbaru dalam dunia pernikahan, sehingga bisa up-to-date ketika berbicara dengan calon pembeli. Seringkali pembeli masih bingung akan apa yang mereka inginkan, sehingga kamu bisa membantu mereka membuat keputusan dengan memberikan rekomendasi yang tepat sesuai pengetahuan dan pengalamanmu!

4. Prediksi Lebih Tepat untuk Inovasi Usaha

memahami target pasarSumber Gambar: Thebluediamondgallery
 

Cara terbaik untuk memahami target pasar adalah dengan berbicara dan menggali masukan dari mereka. Jangan hanya fokus pada penjualan saja, kamu juga harus berfokus untuk menjalin hubungan yang baik dengan target pasarmu. Sering-sering ngobrol dengan mereka juga bisa memberimu ide baru untuk melakukan inovasi bisnis.

Misalnya, kamu membuka kedai kopi di sebelah perkantoran dengan menyasar para eksekutif muda. Banyak di antara mereka yang tidak memiliki waktu makan siang yang cukup, sehingga mereka hanya membeli kopi dan langsung pergi ke tempat lain. Nah, ide bisnis ini juga bisa kamu kembangkan dengan menyediakan makanan siap-bawa, seperti sandwich atau kebab. Jadi, lini usahamu pun makin inovatif dan tepat sasaran!

5. Target Pasar Yang Tepat Membuat Lebih Mudah untuk Mendapatkan Loyalitas

memahami target pasarSumber Gambar: SouthChina Morning Post
 

Tahukah kamu mengapa ribuan orang di dunia rela mengantre panjang hanya demi mendatangi peluncuran produk iPhone baru? Ini dikarenakan Apple sudah memahami betul apa yang target pasar mereka inginkan. Dengan teknologi serba canggih dan desain simpel namun elegan, Apple ingin menarik kelas menengah ke atas yang menyukai kehidupan serba praktis dengan tingkat prestise tinggi. Oleh karena itulah, kebanyakan pengguna iPhone jarang berganti ke ponsel lain karena tingkat loyalitas yang sudah mengakar.

Kamu bisa belajar dari cara Apple memahami target pasar mereka. Selalu dengarkanlah feedback dan masukan dari tiap pembeli, lalu evaluasi hal-hal apa saja yang bisa kamu lakukan untuk memberikan layanan lebih baik. Pasti pembeli akan setia menggunakan produkmu!

Baca juga: 21 Tantangan Bisnis yang Akan Dihadapi Setiap Pengusaha


Sebagai perintis bisnis baru, kamu bisa mendapatkan 5 keuntungan di atas ketika kamu benar-benar mamahami target pasar yang kamu tuju. Bisnismu akan berkembang dengan lebih cepat dan efisien karena kamu fokus melayani target pasar yang sudah tepat sasaran. Tidak hanya membuat calon pembeli lebih loyal, kamu juga bisa mendapatkan manfaat lain seperti ide inovasi bisnis dan penjualan yang lebih tinggi. Jadi, jangan remehkan pentingnya memahami target pasarmu, ya!

Untuk beberapa tips lain tentang memulai bisnis, kamu bisa menemukannya di
LangkahAwal.com, lho! Dibuat khusus untuk para entrepreneur, kamu pasti akan menemukan berbagi artikel berguna seputar bisnis dan cara memulainya! Yuk, berkunjung sekarang!

Back to top