5 Kriteria Pegawai Andalan untuk Dipertimbangkan sebelum Kamu Rekrut

5 Kriteria Pegawai Andalan Yang Wajib Kamu Cari

5 Kriteria Pegawai Andalan Yang Wajib Kamu Cari

Kriteria Pegawai Featured

Pegawai merupakan bagian esensial dalam keberlangsungan bisnis. Namun demikian, mencari pegawai itu nggak semudah mengatakan bahwa kita membutuhkannya. Apalagi kalau kita sudah membicarakan pegawai untuk ditempatkan di posisi strategis; mereka adalah harus memenuhi kriteria pegawai tertentu agar konsistensi dan kualitas bisnis dapat terjaga. Untuk itu, diperlukan seleksi yang cermat dan ketat, serta waktu yang nggak sebentar untuk memperoleh pegawai yang dapat diandalkan dalam menjalankan bisnis kamu. Memang terdengar sulit, tapi kerepotan ini pasti akan berimbas baik bila kamu dapat melaluinya.

Untuk membantu kamu supaya bisa melakukan perekrutan dengan lebih cermat, di sini LangkahAwal.com akan membahas lima kriteria pegawai yang mesti kamu pertimbangkan untuk mendapatkan pekerja yang mumpubi dan andal. Kriteria-kriteria ini sekiranya merupakan ciri yang menunjukkan potensi kualitas serta kompetensi seorang calon pegawai yang bisa kamu pekerjakan. Yuk, langsung simak ulasannya.

1. Kejujuran, Kriteria Pegawai Terpenting

Kriteria Pegawai 1

Sumber Gambar: Pexels
Kejujuran memang kriteria paling umum dan paling klise ketika mencari pegawai. Namun pentingnya karakter yang satu ini membuatnya nggak akan pernah diabaikan walaupun sudah ditekankan berkali-kali. Lebih baik mendapat pegawai jujur yang biasa saja daripada pegawai kompeten yang nggak jujur dan malah bisa merusak bisnismu. Setidaknya, orang jujur yang biasa-biasa saja akan mencoba melakukan segala sesuatu dengan semestinya.

Pentingnya kejujuran pegawai tentu saja bukan tanpa sebab. Mempekerjakan seseorang itu pada dasarnya adalah persoalan kepercayaan. Ketika kamu menerima pegawai, itu artinya kamu telah mempercayakan dia untuk melakukan tugas yang diberikan padanya sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan. Jadi, kejujuran pegawai nggak hanya berkaitan dengan hal seperti pencurian tapi juga seluruh pekerjaannya itu sendiri.

Selain itu, kamu sebagai pemilik dan pelaku bisnis pun mustahil untuk dapat selalu mengawasi mereka. Pasti akan ada saatnya ketika operasi bisnis harus diserahkan sementara waktu kepada para pegawai ketika kamu nggak dapat hadir. Makanya, pegawai jujur nggak hanya memastikan bisnis kamu berjalan dengan baik, tapi juga memungkinkan kamu untuk mencurahkan perhatian ke hal lain daripada mengawasi mereka terus-menerus.

2. Kemauan untuk Belajar

Kriteria Pegawai 2

Sumber Gambar: Pexels
Pepatah mengatakan ‘belajar tidak berhenti sampai di sekolah’. Demikian pula hal yang berlaku di kehidupan kerja. Pengalaman pegawai memang berbeda-beda, dan nggak mengherankan apabila seseorang dengan pengalaman yang kaya lebih banyak dicari dan lebih mahal digaji. Tapi itu bukan berarti pegawai veteran sekalipun akan berhenti menambah hal baru ke pengalaman mereka.

Keinginan untuk belajar seorang pegawai itu merupakan kriteria pegawai yang sangat penting terutama ketika bisnis kamu terus berekspansi. Karena itu artinya akan terus ada hal mau pun situasi yang nggak terduga yang akan datang menghampiri mereka. Maka pegawai kamu harus siap, mampu, dan mau untuk menambah, atau bahkan mengganti pengetahuan lama mereka ketika saatnya tiba. Pegawai yang memiliki kualitas ini biasanya akan cepat untuk dapat kamu andalkan dalam menjalankan bisnis.

Sesungguhnya ini kriteria yang sangat penting. Namun entah mengapa seringkali terlupakan dalam persoalan perekrutan pegawai. Padahal pegawai yang berkemauan besar untuk belajar merupakan investasi jangka panjang tersendiri yang nilainya sendiri nggak dapat dihitung. Kamu sebagai pelaku bisnis yang membaca ini, jangan sampai mengulangi kesalahan yang sama!

3. Profesionalisme

Kriteria Pegawai 3

Sumber Gambar: Pexels
Pernahkah kamu merasa sebal ketika berkunjung ke suatu toko atau restoran lalu mendapati para pegawainya mengobrol satu sama lain daripada melayanimu? Ya, bahkan ketika mereka melakukannya di saat pesanan kamu diproses, hal seperti itu pasti menyebalkan. Demikian rasanya karena kita sebagai pelanggan merasa dinomorduakan.

Kejadian seperti ini muncul karena rasa profesionalisme yang rendah. Profesionalisme itu sendiri merupakan komitmen seorang pegawai atas pekerjaan yang dilakoninya. Maka nggak mengherankan bila pelanggan marah dengan sikap nggak profesional pegawai kamu, karena memang bagi pegawai yang nggak profesional pelanggan adalah nomor dua.

Sikap profesional ini penting untuk dimiliki pekerjaan atau profesi apapun. Bagi pegawai bisnis kamu, profesionalisme artinya komitmen nggak hanya kepada pekerjaan yang telah kamu percayakan kepadanya tapi juga komitmen kepada kepuasan pelanggan. Sikap seperti itu akan menjamin performa kerja yang mumpuni dan itu artinya kualitas bisnis kamu pasti akan meningkat, yang sudah pasti akan membuat citra bagus di mata pelanggan kamu. Jadi keuntungan yang kamu peroleh dari pegawai yang profesional nggak hanya satu arah bagi si pemilik bisnis tapi juga untuk para pelanggan.

Baca juga: Segala Hal yang Perlu Kamu Ketahui tentang Memulai Usaha

4. Disiplin

Kriteria Pegawai 4

Sumber Gambar: Pexels
Kesuksesan bisnis nggak hanya berhenti ketika diraih, tapi juga harus dipertahankan. Dan untuk mencapai hal tersebut, dibutuhkan konsistensi dalam performa bisnis. Tentu saja hal ini berkaitan dengan kriteria pegawai yang mesti dimiliki oleh pegawai yang kamu pekerjakan. Kualitas yang dimaksud nggak lain adalah kedisiplinan.

Sikap disiplin merupakan kemauan dan ketahanan seorang pegawai untuk melakukan pekerjaan mereka sesuai dengan peraturan dan ketentuan yang telah kamu tetapkan. Secara sekilas ini memang terdengar remeh dan terasa seperti hal yang seharusnya dilakukan setiap pegawai. Memang betul begitu, tapi sayangnya kenyataan nggak semanis itu. Ketika seorang pegawai sudah terbiasa dengan pekerjaan mereka, seringkali mereka merasa terlalu nyaman dan akhirnya muncul kekendoran dalam sikap serta perilaku bekerja. Hal ini tentu saja akan berdampak pada kualitas bisnis yang dijalankan.

Oleh karena itu sikap disiplin merupakan salah satu kualitas terpenting yang mesti dimiliki pegawai apabila bisnis yang kamu jalankan bertahan secara konsisten mutunya. Sikap disiplin ini juga yang memastikan agar profesionalisme yang telah disebutkan sebelumnya dapat selalu ditampilkan di hadapan pelanggan di berbagai macam situasi.

5. Cepat Tanggap

Kriteria Pegawai 5

Sumber Gambar: Pexels
Menjalankan bisnis tentu nggak selamanya berlangsung secara mulus. Pasti adakalanya dalam keseharian bisnis kamu menemui masalah yang besar mau pun yang kecil. Apabila kamu berada di posisi untuk menanganinya langsung, maka kemungkinan besar masalah tersebut bisa tertangani dengan baik karena kamu selaku pemilik pasti tahu dengan seluk beluk bisnis yang dijalankan.

Tapi sebagaimana persoalan mengenai kejujuran di atas, nggak selamanya kamu bisa berada di tempat ketika masalah muncul. Pasti akan lebih sering bagi pegawai untuk menemui masalah yang muncul karena mereka turun langsung di dalam berjalannya kegiatan bisnis. Pun nggak terlepas kemungkinan bahwa mereka harus menangani permasalahan tersebut sendiri.

Inilah mengapa sikap cepat tanggap itu penting. Cepat tanggap memang bukan berarti masalah dapat diselesaikan dengan sesingkat mungkin. Melainkan cepat tanggap merupakan kesiapan seorang pegawai untuk menangani masalah daripada menundanya. Sebab, suatu permasalahan yang nggak ditangani dapat berubah menjadi buruk bila nggak segera ditangani. Makanya sikap cepat tanggap ini sangat dibutuhkan untuk menjaga disrupsi semiminal mungkin ketika masalah muncul.

Baca juga: 21 Tantangan Bisnis yang Akan Dihadapi Setiap Pengusaha
Segala Hal yang Perlu Kamu Ketahui tentang Memulai Usaha


Nah, demikian lima kriteria pegawai yang mesti kamu perhatikan ketika melakukan perekrutan. Seringkali beberapa kriteria yang telah disebutkan tadi dilupakan atau bahkan nggak terpikirkan sama sekali seperti misalnya kemauan untuk belajar. Pengacuhan terhadap kriteria-kriteria penting atas kualitas seorang pegawai ini seringkali berujung pada kualitas SDM yang buruk di banyak bisnis. Banyak sekali usaha yang kerap mengganti pegawai arena kualitas rekrutan yang buruk berdampak pada performa bisnis mereka sendiri. Kesalahan semacam itu terletak nggak pada pegawainya, melainkan pelaku bisnis yang nggak memiliki tonggak kriteria yang baik dalam perekrutan pegawai.

Memang mencari seorang pegawai yang memiliki kelima kriteria di atas itu sangat sulit, bahkan mustahil. Namun kriteria-kriteria tersebut tetap penting bagi kamu selaku pemilik bisnis untuk dijadikan dasar kualitas pegawai. Mungkin kamu akan menemukan pegawai yang hanya memiliki tiga, atau dua dari kelimat kriteria di atas dan itu nggak masalah karena itu pun akan lebih baik daripada yang nggak memenuhinya sama sekali. Pegawai adalah salah satu sumber kehidupan yang memungkinkan bisnis kamu dapat berjalan. Makanya memastikan kualitas SDM di dalam bisnis agar dapat memperoleh yang terbaik merupakan salah satu kunci dalam mencapai dan tentu saja mempertahankan sukses.

Semoga sukses, salam bisnis!

Back to top